aroengbinang
pantai tanjung tinggi

Tempat Wisata di Temanggung


Di bawah ini adalah catatan lengkap tentang Tempat Wisata di Temanggung. Temanggung berbatasan dengan Kendal di Utara, Semarang di Timur, Magelang di Selatan, dan Wonosobo di Barat. Temanggung berada di jalan provinsi yang menghubungkan Semarang dan Purwokerto. Jalan Raya Parakan – Weleri menghubungkan Temanggung dengan jalur pantura

Tulisan Tempat Wisata Temanggung dan peta wisata Temanggung ini akan diperbarui ketika informasi yang lebih baru telah diperoleh, dan data GPS telah didapat.

Anda bisa berbagi catatan perjalanan dan membantu memajukan wisata Indonesia dengan menulis Travelog tentang tempat-tempat wisata yang telah anda kunjungi di sini.

Tempat Wisata di Temanggung

Curug Lawe Temanggung
Desa Muncar, Kec Gemawang, 26 km dari Temanggung; terdapat buah cendul khas Gemawang; dicapai dengan berjalan kaki di jalan setapak.

Candi Pringapus
Desa Pringsurat, Kec Ngadirejo, 22 Km dari Kota Temanggung, diperkirakan dibangun pada 850, dengan arca Hindu Siwa, dengan relief masih utuh.

Curug Trocoh
Desa Tawangsari, Kec Wonoboyo, 28 km dari Kota Temanggung, pernah digunakan Pangeran Diponegoro mengumpulkan para panglima perangnya.

Gunung Sumbing (3.340 m)
Desa Pager Gunung, Tjepit; pendakian dimulai dari Kledung, Kampung Butuh dan Selogowok; di puncaknya ada makam Ki Ageng Makukuhan yang memperkenalkan tembakau di Kedu.

Gunung Sindoro (3.155 m)
Dimana ribuan pecinta alam biasanya melakukan pendakian pada malam 1 Sura; Telaga Ajaib dan bunga edelwis di puncak gunung. Pendakian dilakukan melalui Desa Katekan, Ngadirejo.

Makam Ki Jumprit
Desa Tegalrejo, Kec Ngadirejo, tidak jauh dari Umbul Jumprit. Konon Ki Jumprit adalah leluhur masyarakat yang tersebar di lereng Gunung Sindoro – Sumbing.

Monumen Bambang Sugeng
Di sebuah bukit kecil, di sebelah timur Terminal Bus Kota; Bambang pernah memimpin pasukannya pada Agresi Militer I (1947) dan Agresi Militer II (1948).

Monumen Meteorit
Desa Wonotirto, Kecamatan Bulu, di kaki Gunung Sumbing, menjadi tengara peristiwa jatuhnya meteor di ladang penduduk pada 11 Mei 2001.

Pikatan Waterpark
Berada 2 km dari terminal Kowangan Temanggung, dengan waterslide sepanjang 5 sampai 50 m, kolam renang, ember tumpah, sliding sepanjang 21 meter, jembatan goyang, dll.

Pohon Walitis
Desa Jetis, Kecamatan Selopampang, di kawasan hutan Rasamala, yang merupakan pohon terbesar di lereng Sindoro – Sumbing, dengan tinggi 30 m, lingkar batang 7,5 m.

Puncak Wonotirto
Kecamatan Bulu, di lereng Gunung Sumbing, dengan pemandangan hutan pinus dan tanaman tembakau, di ketinggian 1.900-2.000 m dpl.

Taman Rekreasi Kartini
Pintu masuk temanggung sebelah timur, dengan rumah makan puja sera, kolam renang, lapangan basket, lapangan tennis, lapangan voli, hingga lapangan sepak bola.

Umbul Jumprit
Desa Tegalrejo, Kecamatan Ngadirejo, di balik sebuah bangunan menyerupai gerbang candi yang telah berusia ratusan tahun; airnya mengalir ke Sungai Progo.





Baca juga:
» Tempat Wisata di Sukoharjo
» Tempat Wisata di Pati
  • Kategori

  • Terpopuler

  • Top Blog Wisata Indonesia