Tempat Wisata di Singkawang

Di bawah ini adalah catatan awal tentang tempat Wisata di Singkawang, sebuah kota madya di Kalimantan Barat, sekitar 3 jam perjalanan dari Pontianak. Singkawang semula merupakan persinggahan pedagang dan penambang emas dari Monterado, yang lama kelamaan berkembang menjadi permukiman yang ramai.

Tulisan tentang Tempat Wisata di Singkawang dan peta wisata Singkawang akan diperbarui jika telah diperoleh informasi yang lebih baru, dan data GPS telah didapat.

Anda bisa berbagi catatan perjalanan dan membantu memajukan Wisata di Singkawang dengan menulis Travelog tentang tempat-tempat wisata yang telah anda kunjungi di sini.

Tempat Wisata di Singkawang

Air Terjun Sibohe
Desa Pejintan, 6 km dari pusat kota, dimana pada pulul 13.00 sinar matahari masuk ke kolam yang kiri kanannya terdapat batu dan akar pohon setinggi 9 m.

Batu Belimbing
Daerah Pajintan, 8 km dari Kota Singkawang, berupa bongkah batu unik yang menyerupai buah belimbing, dikenal juga sebagai Batu Bergantung, dengan hutan sekitar yang masih alami.

Gunung Roban
Roban, 4 km dari Kota Singkawang, yang dari puncaknya pejalan bisa melihat kesibukan Kota Singkawang dari ketinggian.

Hangmoy
Berada 6 km dari pusa kota, merupakan nama tempat dan sungai yang berhulu di gunung Poteng, dengan suasana pedesaan kental dan perayaan mandi Pehcun di Sungai Hangmoy saat Imlek.

Industri Keramik
Desa Sakok, 2 km dari Kota Singkawang, dengan masih menggunakan tungku pembakaran keramik tradisional yang disebut Tungku Naga. Pabrik keramik pertama didirikan pada 1895.

Kawasan Wisata Gunung Poteng
Merupakan kawasan cagar alam dimana pejalan bisa melihat Bunga Raflesia dan anggrek Singkawang.

Masjid Agung
Jl. Alianyang, berdekatan dengan Kantor Walikota Singkawang, merupakan masjid terbesar di Kota Singkawang, dengan arsitektur menyerupai bangunan joglo.

Palm Beach
Di sebelah Taman Pasir Panjang Indah, bisa dicapai dari Jalan Raya Singkawang – Pontianak melewati perbukitan kecil atau dari Taman Pasir Panjang Indah, dengan fasilitas hotel, kantin, kolam renang, offroad, perkemahan, dan volly pantai.

Pantai Batu Payung
Kec Sungai Raya, 20 km dari pusat kota, tidak jauh dari Pantai Pasir Panjang, dengan panorama pulau-pulau kecil di kejauhan, pasir putih dan batu-batuan yang menjorok ke laut.

Pantai Gosong
Ditempuh dalam waktu 1 jam dari kota Singkawang, 2 jam dari kota Pontianak, dengan keindahan pantai pasir yang luas dan panorama Pulau Tempurung dan Pulau Semesak yang bisa dikunjungi dengan berjalan kaki saat air laut surut.

Pasar Hongkong
pusat kota yang merupakan pusat jajanan malam hari yang dibuka mulai pukul 18.00 WIB setelah toko-toko tutup.

Pulau Randayan
Ditempuh dalam waktu 2 jam dengan perahu cepat dari Pantai Pasir Panjang, dikenal karena keindahan panorama batuan karang, berbagai biota laut, dengan villa-villa kecil menghadap ke laut

Pulau Simping
Di perairan Pantai Teluk Mak Jantu, Kecamatan Singkawang Selatan, dalam kawasan wisata Pantai Sinka Park Island, yang dicapai dengan menggunakan jembatan beton, dengan air laut yang sangat tenang.

Rindu Alam
Terletak 18 km dari pantai Pasir Panjang, di antara Gunung Bajau, Gunung Kota dan Gunung Pelapis, dengan hawa dingin dan pemandangan yang kabarnya sangat indah hamparan hutan, pasir putih, dan laut Natuna.

Sinka Island Park
Kawasan wisata Teluk Karang / Teluk Mak Jantu, 8 km sebelum memasuki Kota Singkawang, 3 km dari Jalan Raya Pontianak – Singkawang, dengan fasilitas rekreasi modern dan alam.

Sinka Zoo
Terletak 500m di sebelah selatan kawasan Sinka Island Park; terdapat kendaraan yang pembawa pejalan mengelilingi Gunung Bajau dengan pemandangan indah ke arah laut dan Kota Singkawang.

Taman Bukit Bougenville
Desa Sijangkung, 6 km dari pusat Kota Singkawang, berlatar belakang Gunung Pasi, dikelilingi hutan dan perkebunan, dengan beragam tanaman bunga, dan pondok, cafetaria, kolam renang mini, hutan homogen.

Taman Burung
Jalan Merdeka, di depan Kantor Walikota lama, yang biasa digunakan untuk bersantai di sore dan malam hari.

Taman Chidayu
Letakanya berdampingan dengan Taman Bukit Bougenville, dengan tempat pemancingan, pohon buah-buahan, taman bunga, taman bermain, dan pemandaan matahari tenggelam.

Taman Gayung Bersambut
Jalan Firdaus, di depan Kantor Walikota Singkawang, yang cocok untuk tempat bersantai di sore dan malam hari sambil menikmati aneka makanan dan minuman.

Taman Pasir Panjang Indah
Kecamatan Tujuhbelas, 17 km dari pusat Kota Singkawang, menghadap ke laut Natuna dan beberapa pulau kecil, seperti Pulau Kabung, Pulau Lemukutan dan Pulau Randayan, dengan berbagai fasilitas penunjang bagi pejalan.

Taman Teratai Indah
Lokasinya berada 2km dari pusat kota Singkawang, dengan kolam renang, restoran, sepeda air, dan pemandangan perbukitan di kejauhan.

Vihara Chikung
Jalan Sagatani, daerah Sinnam, 3 km dari pusat kota Singkawang yang merupakan tempat ibadah Sakte Budha Maitreya.

Vihara Surga Neraka
Gunung Passi dengan 7 bangunan klenteng yang letaknya terpencar namun berdekatan

Vihara Tri Dharma Bumi Raya
Jl. Sejahtera, di tengah kota, didirikan pada 1933, yang dipercaya sebagai tempat berdiam Dewa Bumi Raya yang menjaga kota Singkawang. Terbakar pada 1936 dan dibangun kembali.

Water Front
Jalan Pemuda, di pinggir sungai Singkawang, yang biasa digunakan untuk bersantai di sore hari sambil menikmati Es Teler 88.

Acara budaya di Singkawang adalah perayaan Cap Go Meh, Parade Lampion, Wayang Gantung, Karnaval Ta’aruf pada hari besar Islam, perayaan Satu Syuro, Naik Dango Gawai setiap bulan Mei, dan Ngabayot setiap 1 Juni.



Share on Facebook ~ Tweet ~ Print This! ~ Share via Email

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>