Tempat Wisata di Pekalongan

Tulisan ini merupakan catatan awal Tempat Wisata di Pekalongan. Pekalongan adalah nama Kota Madya dan Kabupaten di Provinsi Jawa Tengah, dengan Ibukota kabupaten berada di Kota Kajen, 25 km sebelah Selatan Kota Pekalongan. Pekalongan berbatasan dengan Laut Jawa di Utara, Batang di Timur, Banjarnegara di Selatan, dan Pemalang di Barat. Pekalongan berada di jalur pantai utara Jawa yang menghubungkan Jakarta-Semarang-Surabaya, berjarak 101 km di sebelah barat Semarang.

Bagian utara Pekalongan berupa dataran rendah, sedangkan bagian selatan Pekalongan berupa pegunungan rangkaian Dataran Tinggi Dieng. Kali Sragi dan Kali Sengkarang, adalah sungai besar yang mengalir di wilayah Pekalongan, bermuara di Laut Jawa.

Pekalongan, dengan kode area 0285, memiliki pelabuhan perikanan terbesar di Pulau Jawa, yang menjadi transit dan tempat pelelangan ikan nelayan berbagai daerah.

Kuliner khas Pekalongan adalah megono, yaitu irisan nangka dicampur sambal bumbu kelapa, ditambah petai dan ikan bakar.

Anda bisa membantu mempromosikan dan memajukan wisata Pekalongan dengan menulis Travelog tentang tempat wisata di Pekalongan di sini.

Jika memerlukan penginapan dan hotel di Pekalongan, silahkan lihat tulisan Hotel di Pekalongan

Untuk melihat lokasi tempat-tempat wisata di Pekalongan dan merancan rute perjalanan, silahkan lihat Peta Wisata Pekalongan.

Tempat Wisata di Pekalongan

Berikut adalah daftar tempat wisata di Pekalongan.

Curug Cinde
Desa Depok, Kecamatan Lebak, 24 km dari Kota Kajen, yang dicapai melalui jalan setapak selama 2 jam dengan berjalan kaki dari Desa Depok.

Curug Muncar
Air terjun setinggi 40 m di Desa Curug Muncar, Petungkriyono, 1,5 jam dengan sepeda motor dan lebih lama lagi dengan naik mobil, tergantung kondisi jalan.

Bumi Perkemahan
Bumi perkemahan seluas 4 ha di Dusun Dranan, Desa Yosorejo, Pekalongan, yang telah dilengkapi dengan sarana MCK, Pendopo, Pos Jaga dan juga tempat bermain anak.

Ekowisata Petungkriyono
Kecamatan Petungkriyono, di lereng Gunung Ragajambangan, 30 km dari Kota Kajen, berhawa sejuk, dengan air terjun, bumi perkemahan dan peninggalan sejarah.

Kelenteng Po An Thian
JL. Blimbing No. 3-5-7, Nama Po An Thian atau Bao An Dian berarti “Istana Mustika Keselamatan”, didirikan pada 1882.

Linggo Asri
Di tepi jalan provinsi Pekalongan – Banjarnegara, dengan pemandian, arena taman bermain, hutan pinus, kebun binatang mini, kolam renang, penginapan, dan lingga – yoni.

Masjid Aulia Sapuro
Lokasinya berjarak 37 km dari pusat kota di tengah pemakaman Sapuro, Pekalongan Barat, yang berdiri sejak 1714 dengan tiang penyangga sisa pembangunan Masjid Demak, ada Al-Quran raksasa.

Museum Batik Nasional
Jl. Jatayu No 3, dengan koleksi batik dari Jogja, Surakarta, Cirebon, Pekalongan, Lasem, Rembang, Tuban dan Sidoarjo, serta batik kuno.

Pantai Depok
Desa Depok, Kecamatan Siwalan, dengan arena bermain anak-anak dan sejumlah tempat berteduh untuk menyaksikan panorama pantai dari jarak jauh.

Pantai Pasir Kencana
Di dekat Tempat Pelelangan Ikan dan Muara Pelabuhan Pekalongan, 4,5 km dari Kota Pekalongan, dengan matahari terbit dan terbenam, pengunjung bisa menyewa perahu nelayan.

Pantai Slamaran
Di sebelah timur Pantai Pasir Kencana, 5 km dari pusat kota, terkenal dengan legenda Ratu Pantai Utara Pekalongan, Dewi Lanjar, dengan matahari terbit dan terbenam.

Pantai Wonokerto
Desa Wonokerto, Wonokerto, 5 km dari Jalan Raya Wiradesa, yang merupakan perkampungan nelayan dengan sedekah laut pada bulan Dhulkaidah.

Pasar Grosir Batik Setono
Jl. Raya Baros, di Jalan Raya Cirebon – Semarang, sekitar 3 km dari pusat Kota Pekalongan.

Rekreasi Terpadu
Di sebelah pelabuhan Pekalongan, 4 km dari pusat kota, dengan beragam hiburan seperti akuarium ikan laut dan air tawar, dan taman bermain anak.

Watu Ireng
Desa Lambur, Kandangserang, 17 km dari Kota Kajen, berupa batu hitam besar yang bagian dalam batunya diduga memiliki rongga.

Wisata Alam Lolong
Desa Lolong, 6 Km dari Kota Karanganyar, terkenal dengan buah duriannya, dan jembatan batu melengkung sepanjang 25 m yang dibangun Belanda pada tahun 1927.

Wisata Alam Rogoselo
Desa Rogoselo, sekitar 14 km dari Kota Doro, berupa cagar alam Arca Baron Sekeber dan Makam Ki Gede Atas Angin.

Tempat wisata di Pekalongan lainnya bisa dilihat di sini.



Share on Facebook ~ Tweet ~ Print This! ~ Share via Email