Tempat Wisata di Lombok Tengah

Tulisan ini merupakan catatan awal Tempat Wisata di Lombok Tengah. Lombok Tengah adalah sebuah kabupaten di Provinsi Nusa Tenggara Barat dengan ibu kotanya di Praya, yang berbatasan dengan Gunung Rinjani di Lombok Barat dan Lombok Timur di Utara, Samudera Indonesia di Selatan, Lombok Barat di Barat, Lombok Timur di sebelah Timur.

Tulisan Tempat Wisata di Lombok Tengah dan peta wisata Lombok Tengah ini akan diperbarui ketika informasi yang lebih baru telah diperoleh, dan data GPS telah didapat.

Anda bisa berbagi catatan perjalanan dan membantu memajukan wisata Indonesia dengan menulis Travelog tentang tempat-tempat wisata yang telah anda kunjungi di sini.

Tempat Wisata di Lombok Tengah

Air Terjun Benang Stokel
Setinggi 20 m di Desa Aik Berik, Batukliang Utara, 22 Km dari Praya, airnya bisa menyembuhkan penyakit, ada warung makan, warung kopi, penginapan, dan pos pengamanan.

Air Terjun Benang Kelambu
Setinggi 35 m, 1 Km dari Air Terjun Benang Setokel, bisa ditempuh dengan naik kendaraan atau berjalan kaki lewat hutan yang dihuni kawanan kera ekor panjang.

Bendungan Pengga
Desa Pelambik, Praya Barat, diresmikan pada 16 Oktober 1994, digunakan sebagai irigasi pertanian seluas 3.589 ha, PLTA 400 mwh/tahun, dan pengendali banjir.

Bendungan Batujai
Desa Batujai, Kecamatan Praya Barat, sekitar 5 Km dari Kota Praya, Lombok Tengah, dimana tersedia tempat untuk memancing serta warung.

Gua Bengkang
Kecamatan Pujut, mengandung endapan fosfat yang berasal dari kelelawar. Ada gua lain yang bernama Gua Pengembur, namun tidak ada informasi yang jelas mengenai gua ini.

Kerajinan Gerabah Penujak
Desa Penujak, Praya Barat, sekitar 1,5 jam dari Kota Mataram, yang merupakan keahlian yang diajarkan secara turun temurun oleh penduduk di desa ini.

Kerajinan Tenun Tradisional Sukarara
Desa Sukarara, Jonggat, 28 Km dari Mataram, dengan benang kapas, sutera, perak, dan emas serupa kain songket, bisa melihat pembuatan kain tenun oleh wanita Sasak.

Makam Nyatok
Desa Rembitan, Pujut, 49 km dari Mataram, dekat Masjid Tua Rembitan. Wali Nyatok merupakan orang yang sangat berjasa dalam penyebaran agama Islam di wilayah itu.

Makam Serewe
Merupakan kompleks makam raja-raja Pejanggik dan keluarganya, yang pernah berkuasa di Lombok Tengah, sebelum ditaklukan oleh Kerajaan Karangasem.

Masjid Gunung Pujut
Puncak Gunung Pujut, Lombok Tengah yang berasal dari jaman Hindu-Islam (Waktu Telu).

Masjid Kuno Rembitan
Desa Rembitan, Pujut, didirikan pada abad 16, dengan fondasi tanah, tali dari bahan ijuk dan tali saot, dan tali pengikat atap alang-alang yang disebut male.

Pantai Awang
Desa Awang, Pujut. Awal tahun 2009 beberapa ruas jalan dan jembatan menuju ke Pantai Awang dikabarkan rusak, yang mudah-mudahan saat ini sudah diperbaiki.

Pantai Gerupuk
Desa Gerupuk, Pujut, sekitar 9 km dari Pantai Kuta, dimana pengunjung bisa berenang, berselancar di Teluk Gerupuk dengan naik perahu nelayan dari pantai ini.

Pantai Mawi
Dengan panorama indah dan ombak untuk berselancar, berada 35 menit perjalanan dari Pantai Kuta, dengan prasarana jalan yang tampaknya masih memerlukan perbaikan.

Pantai Mawun
Berpasir putih bersih yang berada di barat Pantai Kuta, diantara dua perbukitan, dengan ombak untuk berselancar, bisa berjemur, berenang, dan bersantai.

Pantai Kuta
Berpasir putih yang sangat indah pada saat air laut surut, dengan lipatan kerang, terumbu karang dan bermacam biota lain; Februari – Maret ada upacara Bau Nyale.

Pantai Seger
Berpasir putih bersih dengan pemandangan indah perbukitan, 65 km dari Mataram, dengan air jernih dan tenang untuk berenang. Antara Februari – Maret, ada pesta Bau Nyale.

Pantai Tanjung A’an
Desa A’an, Lombok Tengah, tidak jauh dari Pantai Kuta, 54 km dari Kota Mataram, yang ombaknya sesuai untuk berselancar, juga untuk snorkeling, dan berenang.

Pemandian Aik Bukak
Desa Aik Bukak, Batukliang Utara, 20 Km dari Praya, dibangun tahun 1970, dengan pemandian dengan air jernih, ada restoran, penginapan, dikelilingi kawasan hutan.

Perkebunan Kopi Persil
Seluas 270 ha di Desa Lantan, Batukliang Utara, 25 Km dari Prayadi, di lereng Rinjani, pada 1.020 mdpl, dibangun pada 1930, ada warung, pemancingan, dan penginapan.

Selong Belanak
Letaknya berada di antara perbukitan yang sesuai untuk lokasi penyelaman, berselancar, berenang dan memancing ikan.



Share on Facebook ~ Tweet ~ Print This! ~ Share via Email

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>