aroengbinang
pantai tanjung tinggi

Tempat Wisata di Karawang


Di bawah ini adalah catatan tempat wisata di Karawang berisi nama dan lokasi tempat wisata, tempat menarik, obyek wisata, dan tempat lainnya di Karawang. Peta Wisata Karawang dari Google dengan penanda yang ditambahkan oleh The Aroengbinang Project akan ditambahkan kemudian ketika data telah tersedia.

Semasa revolusi kemerdekaan, Karawang tercatat dalam sejarah dengan disembunyikannya Soekarno dan Hatta pada tanggal 16 Agustus 1945 oleh para pemuda Indonesia di Rengasdengklok untuk secepatnya merumuskan naskah Proklamasi Kemerdekaan.

Untuk membantu pejalan mengatur rute perjalanan ketika berkunjung ke tempat-tempat wisata yang ada di Karawang, telah dibuat Peta Wisata Karawang dengan panduan arah, dan daftar seluruh marker ada di bawah peta untuk memudahkan pencarian.

Tempat wisata di Karawang

Tempat-tempat wisata di Karawang cukup beragam. Mulai dari peninggalan sejarah berupa candi dari abad ke-5, monumen terkait revolusi kemerdekaan RI, pantai, danau, dan curug yang beberapa diantaranya masih sangat jarang dikunjungi. Berikut adalah daftar tempat wisata Karawang.

Bendungan Parisdo / Walahar »
Desa Walahar, Klari, 10 km dari Kota Karawang, dibuat Belanda pada 1925. Ada warung – warung Ikan Jambal, Pepes Ikan Kecil, dan Ikan Goreng kering.

Curug Bandung »
Desa Mekarbuana, Kec Tegalwaru, Karawang, di kaki Gunung Sanggabuana, ditempuh dengan berjalan kaki sejauh 3 km dari tempat parkir di Dusun Jayanti.

Curug Cigentis »
Andalan wisata Karawang di Desa Mekarbuana, Kec Tegalwaru, Karawang, ditempuh dengan berjalan kaki sejauh 2 km dari tempat parkir di Dusun Jayanti, dengan panorama asri sepanjang jalan.

Curug Cikarapyak »
Desa Kutamaneuh, Tegalwaru, 42 km dari Kota Karawang, lokasinya berada di atas Curug Cipanundaan. Akses menuju curug sangat berat.

Curug Cikoleangkak »
Desa Kutamaneuh, Tegalwaru, di atas Curug Cikarapyak dan Curug Cipanundaan. Akses ke curug sangat berat dengan melintasi puluhan air terjun kecil.

Curug Cipanundaan »
Desa Kutamaneuh, Kec Tegalwaru, 42 km dari Kota Karawang, di kaki Gunung Sanggabuan dengan 3 buah Curug seperti tangga bertingkat, dengan medan sangat berat.

Curug Santri »
Kampung Loji, Karawang. Tidak banyak informasi tentang curug ini selain tempatnya tidak jauh dari lokasi Curug Cigentis.

Danau Cipule »
Desa Walahar, Kec Ciampel, terbentuk dari aktivitas penambangan pasir. Danau yang luas dan dalam ini berada di pinggiran Kali Citarum dengan panorama indah.

Danau Kalimati »
Desa Walahar, Kec Klari, 11 km dari Kota Karawang, dengan warung – warung yang menawarkan sate maranggi. Ada warung makan lesehan yang menghadap ke danau.

Kelenteng Sian Jin Ku Po »
Desa Tanjungpura, Karawang, 4 km dari Kota Karawang, yang didirikan tahun 1770 oleh tiga pendatang dari Cina bernama Tsee, Kau dan Lau.

Makam Para Bupati Karawang »
Desa Manggung Jaya, Kecamatan Cilamaya, yang menjadi kompleks pemakaman para Bupati Karawang, sejak bupati pertama sampai dengan bupati Karawang yang ke-5.

Makam Syekh Quro »
Desa Pulokalapa, Kecamatan Lemah Abang, Kabupaten Karawang, yang dipercaya sebagai makam salah satu ulama penyebar agama Islam pertama di Jawa, ramai dikunjungi peziarah pada setiap malam Sabtu.

Masjid Agung Karawang »
Jl Alun-alun, di tengah kota, merupakan masjid yang cikal bakalnya telah berdiri sejak tahun 1418, dan kemudian mengalami beberapa kali renovasi total sehingga berwujud megah seperti sekarang ini.

Monumen Kebulatan Tekad Rengasdengklok »
Berada di Rengasdengklok, 20 km dari Kota Karawang untuk mengenang Kebulatan Tekad Pemuda.

Monumen Rawagede »
Desa Rawa Gede, Rawa Merta, 10 km dari Kota Karawang, yang menjadi tengara pembantaian 431 orang rakyat Karawang oleh Belanda pada 1948.

Museum Purbakala
Lokasinya berada di Desa Segaran, Kecamatan Batujaya, ditempuh pada jarak sekitar 45 km dari pusat Kota Karawang.

Pantai Pisangan »
Lokasinya berada di Desa Pisangan, Kecamatan Pedes, Karawang. Pantai Pisangan tampaknya memerlukan perhatian serius pemerintah lantaran terkena abrasi yang cukup parah.

Pantai Samudera Baru »
Kecamatan Pedes, 30 km dari Kota Karawang, dengan pasir putih dan ombak tenang. Ada Warung Ikan Bakar dan perahu sewa.

Pantai Tanjung Baru »
Kecamatan Cilamaya, 45 km dari Kota Karawang, yang lebih dekat diakses dari arah Cikampek.

Pantai Tanjung Pakis »
Desa Tanjung Pakis, Pakisjaya, di ujung utara Karawang, 70 km dari Kota Karawang, berbatasan dengan wilayah Bekasi.

Situ Gempol »
Kampung Gempol, Desa Tanjung Pura, Karawang Barat. Situ yang dulunya seluas 5 ha ini menjadi tempat hidup berbagai aneka ikan tawar.

Situ Kamojing »
Di Desa Dawuan, Kecamatan Cikampek, berjarak 22 km dari Kota Karawang, yang berada di dalam Kawasan Hutan Konservasi.

Situs Candi Blandongan »
Desa Segaran, Batujaya, 45 km dari Karawang, terbuat dari bata, membuktikan bahwa Bangsa kita mengenal teknik pembuatan gerabah dan beton cor antara abad 2-12 Masehi.

Situs Candi Jiwa »
Di areal Situs Batujaya, disebut juga Situs Segeran 2 atau Hunyur Jiwa, berukuran 19 x 19 m, tinggi 4,7 m, diperkirakan dari abad ke IV – VII, semasa Kerajaan Tarumanegara.

Situs Cibuaya »
Desa Cibuaya, Pedes, peninggalan Megalitikum berupa Batu Lingga yang disebut Lemah Duhur Lanang, dan Yoni yang disebut Lemah Duhur Wadon.

Situs Kuta Tandingan Karawang »
Desa Mulyasejati, Ciampel, 38 km dari Kota Karawang, diduga peninggalan Kerajaan Kuta Tandingan Jaya yang diperintah oleh Patih Panatayuda; ada goa vertikal atau Luweng.

Semoga tulisan Tempat Wisata di Karawang ini bermanfaat.





Baca juga:
» Tempat Wisata di Sukabumi
» Tempat Wisata di Sawahlunto
  • Kategori

  • Terpopuler

  • Top Blog Wisata Indonesia