Tempat Wisata di Karanganyar

Di bawah ini adalah catatan lengkap daftar Tempat Wisata di Karanganyar, Jawa Tengah. Wilayah Karanganyar, dengan kode area telepon 0271, berbatasan dengan Sragen di Utara, Ngawi dan Magetan di Timur, Wonogiri di Selatan, serta dengan Boyolali, Kota Surakarta, dan Sukoharjo di Barat.

Tulisan Tempat Wisata di Karanganyar dan peta wisata Karanganyar ini akan diperbarui ketika informasi yang lebih baru telah diperoleh, dan data GPS telah didapat.

Anda bisa berbagi catatan perjalanan dan membantu memajukan wisata Indonesia dengan menulis Travelog tentang tempat-tempat wisata yang telah anda kunjungi di sini.

Tempat Wisata di Karanganyar

Agrowisata Sondokoro
area Pabrik Gula Tasikmadu PTPN IX, yang mengoperasikan Spoor Teboe, kereta api uap pengangkut tebu berbahan bakar kayu itu.

Air Terjun Parangijo
Ngargoyoso, tidak jauh dari Candi Cetho, dengan tebing-tebing menarik, berada dalam sebuah taman.

Astana Giribangun
Desa Girilayu, Kecamatan Matesih, merupakan makam keluarga mantan Presiden Suharto, di atas sebuah bukit, di bawah Astana Mangadeg.

Astana Mangadeg
Desa Karang Bangun, Kec. Matesih, di lereng Lawu, merupakan kompleks pemakaman penguasa Pura Mangkunegaran, yaitu Mangkunegara I, II, III.

Candi Cetho
Dusun Ceto, Desa Gumeng, Kec Jenawi, berupa candi Hindu peninggalan Majapahit. Ada petilasan Ki Ageng Krincingwesi, leluhur Dusun Cetho.

Candi Sukuh
Dukuh Berjo, Desa Sukuh, Kec Ngargoyoso, 20 km dari Kota Karanganyar, di kaki Lawu, berbentuk trapesium, dibangun pada abad ke-XV.

Grojogan Jumog
Dusun Jumok, Desa Berjo, Kecamatan Ngargoyoso, dekat Candi Sukuh, dengan air terjun setinggi 60 m, dan perkemahan.

Grojogan Sewu Tawangmangu
Lokasinya sekitar 27 km dari Kota Karanganyar, di kawasan hutan yang dihuni sekelompok kera jinak, dengan ketinggian air terjun 81 m.

Pemandian Air Hangat Cumpleng
Desa Plumbon, Tawangmangu, merupakan sumber air panas berbelerang, dengan pemandian terbuka dan tertutup, serta arena bermain anak.

Pemandian Sapta Tirta Pablengan
Desa Pablengan, Kec Matesih, merupan peninggalan Mangkunegara VI, memiliki Pemandian Kaputren, dan tujuh sumber air alam yang berbeda.

Perkebunan Teh Kemuning
Yang dilewati dalam perjalanan dari candi Sukuh ke candi Cetho, dengan hawa pegunungan yang sejuk.

Puri Taman Saraswati
Kec. Jenawi, di Kompleks Candi Ceto, diresmikan pada 2004, dengan Arca Dewi Saraswati bantuan Bupati Gianyar.

Taman Ria Balekambang
Kawasan Wisata Tawangmangu, 100 m dari Hutan Wisata Grojogan Sewu, dengan Kolam Renang, Lapangan Tenis, Sanggar Lukis, dll.

Wana Wisata Gunung Bromo
Ruas Jalan Raya Karanganyar – Mojogedang, terdapat pohon Cendana, Jati Kurung (dikelilingi Beringin), dan petilasan Nyai Ageng Serang.



Share on Facebook ~ Tweet ~ Print This! ~ Share via Email

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>