Tempat Wisata di Boyolali

Tulisan ini merupakan catatan lengkap daftar Tempat Wisata di Boyolali. Boyolali adalah sebuah kabupaten di Provinsi Jawa Tengah, yang berada sekitar 25 km sebelah barat Kota Surakarta, berbatasan dengan Grobogan di Utara, dengan Sragen – Karanganyar – Kota Surakarta di Timur, Klaten di Selatan, serta Magelang – Semarang di Barat. Sebagian besar wilayah Boyolali adalah dataran rendah dan perbukitan yang tidak begitu terjal.

Bagian Barat Boyolali adalah pegunungan, dengan puncaknya Gunung Merapi (2.911 m) dan Gunung Merbabu (3.141 m), dan di Utara merupakan daerah perbukitan yang merupakan bagian dari rangkaian Pegunungan Kendeng.

Tulisan Tempat Wisata di Boyolali dan peta wisata Boyolali ini akan diperbarui ketika informasi yang lebih baru telah diperoleh, dan data GPS telah didapat.

Anda bisa berbagi catatan perjalanan dan membantu memajukan wisata Indonesia dengan menulis Travelog tentang tempat-tempat wisata yang telah anda kunjungi di sini.

Tempat Wisata di Boyolali

Air Terjun Kedung Kayang
Desa Klakah, sekitar 5 km dari Kecamatan Selo, yang terletak diantara kabupaten Boyolali dan Magelang.

Makam Ki Ageng Kebo Kenanga
Dukuh Pengging, Desa Jembungan, Kecamatan Banyudono yang merupakan makam Ki Ageng Kebo Kenanga, yang masih merupakan keturunan raja-raja Majapahit.

Makam Ki Ageng Singoprono
Desa Nglembu, Kecamatan Sambi, sekitar 15 km dari Kota Boyolali, dengan ratusan anak tangga menuju makam Ki Ageng Singoprono yang berada di puncak Gunung Tugel.

Makam Prabu Handayaningrat
Dukuh Malang, Desa Dukuh, Kecamatan Banyudono, yang juga masih merupakan keturunan raja-raja Majapahit.

Makam Raden Ngabehi Yosodipuro
Desa Pengging, Kecamatan Banyudono, yang berada di dekat Masjid Cipto Mulyo Pengging, salah satu pujangga Kasunanan Surakarta yang hidup di masa PB II, III dan IV.

Masjid Cipto Mulyo Pengging
Di lokasi wisata air Pengging yang merupakan peninggalan Raja Pakubuwono X, bergaya arsitektur mesjid khas dengan ornamen kayu.

Pesanggrahan Pracimoharjo
Desa Paras, Kecamatan Cepogo, sekitar 6 km dari kota Boyolali, yang merupakan petilasan sholat Sri Susuhunan Paku Buwono X dari Kasunanan Surakarta.

Petilasan Ki Ageng Pantaran
Desa Candisari, Ampel, 17 km dari Boyolali, didirkan Ki Ageng Pantaran (Syeh Maulana Ibrahim Maghribi) yang menemukan mata air di perut Merbabu bernama Grojokan Sipendok.

Petilasan Ki Kebo Kanigoro
Dukuh Pojok, Desa Samiran, Kecamatan Selo, yang konon merupakan tempat petilasan Ki Kebo Kanigoro, putera dari Ki Ageng Pengging Sepuh.

Selo Pass
Kecamatan Selo, di sekitar gunung Merapi dan Merbabu, setiap malam 1 Suro ada acara Sedekah Gunung. Selo merupakan pos pendakian Gunung Merapi dan Gunung Merbabu.

Tirto Marto Pengging
Desa Dukuh, Banyudono, 12 km dari Kota Boyolali, dahulu hanya digunakan Raja dan keluarga Kraton Surakarta. Ada Umbul Ngabeyan, serta Umbul Dudo dan Umbul Temanten.

Umbul Tlatar
Berupa pemandian alam Umbul Asem dan Umbul Pengilon di Dukuh Tlatar, Desa Kebonbimo, 7 km dari Boyolali, ada panggung terbuka, rumah makan terapung, dan pancingan.

Waduk Cengklik
Desa Ngargorejo dan Sobokerto, Kecamatan Ngemplak, sekitar 20 km dari Kota Boyolali dengan luas genangan 300 ha, yang dibangun pada jaman kolonial Belanda.

Wana Wisata Kedung Ombo
Desa Wonoharjo, Kemusu, sekitar 50 km dari Kota Boyolali yang menyediakan Bumi Perkemahan, Hutan Wisata, Tempat Pemancingan, Rumah Makan Apung, dan Wisata Air.



Share on Facebook ~ Tweet ~ Print This! ~ Share via Email