Tempat Wisata di Kuantan Singingi

Tulisan ini adalah catatan lengkap tentang Tempat Wisata di Kuantan Singingi, sebuah kabupaten di Provinsi Riau yang beribukota di Teluk Kuantan. Kuansing sering disebut sabagai Rantau Kuantan, tempat perantauan orang Minang, dan banyak masyarakat Kuantan Singingi (Kuansing) memakai adat istiadat serta bahasa Minangkabau dalam keseharian mereka

Wilayah Kuantan Singingi berbatasan di Utara dengan Kabupaten Kampar dan Kabupaten Pelalawan, di Timur dengan Kabupaten Indragiri Hulu, di Selatan dengan Provinsi Jambi, dan di Barat dengan Provinsi Sumatera Barat.

Anda bisa berbagi catatan perjalanan dan membantu memajukan wisata Kuantan Singingi dengan menulis Travelog tentang tempat-tempat wisata yang telah anda kunjungi di sini.

Tempat Wisata di Kuantan Singingi

Air Panas Sungai Pinang »
Di Sungai Pinang, Kecamatan Hulu Kuantan, sekitar 33 Km dari Teluk Kuantan. Air panas yang mengandung belerang ini dipercaya bisa membantu mengobati berbagai jenis penyakit kulit.

Air Terjun Guruh Gemurai »
Tempat Wisata Kuantan Singingi di Desa Kasang, Kecamatan Kuantan Mudik, sekitar 23 km dari Kota Teluk Kuantan. Gemurai merupakan bahasa setempat yang berarti percikan air yang berserakan.

Air Terjun Tujuh Tingkat »
Berada di kawasan hutan lebat bukit di Desa Lubuk Ambacang, sekitar 37 Km dari Teluk Kuantan, ibukota Kabupaten Kuantan Singingi.

Danau Kebun Nopi »
Kecamatan Kuantan Mudik. Pada September tahun 2012 lalu, Danau Kebun Kopi dijadikan arena Pacu Jalur untuk memeriahkan pertandingan cabang dayung Pekan Olahraga Nasional.

Danau Masjid Koto Kari »
Koto Kari, Kecamatan Kuantan Tengah, sekitar 3 km dari Kota Teluk Kuantan melalui jalan provinsi ke arah Sumatra Barat.

Danau Rawang Udang »
Berada di tepian jalan di Desa Talontam Benai, Kecamatan Benai, sekitar 13 km atau 20 menit dari Kota Teluk Kuantan.

Desa Wisata Koto Sentajo »
Memiliki panorama alam indah ini berada di Kecamatan Kuantan Tengah, sekitar 5 Km dari Teluk Kuantan.

Hutan Kota Pulau Bungin »
Berada di Kota Teluk Kuantan, yang dimaksudkan sebagai sarana rekreasi serta sebagai paru-paru kota. Ada pula Jalur (perahu tradisional) yang menjadi ikon Kuantan Singingi

Hutan Margasatwa »
Berada di Bukit Baling dan Buklit Rimbang, Kecamatan Singingi. Hutan wisata ini masih alami dan dijaga kelestariannya.

Logas »
Merupakan area tambang emas yang berada diantara Kota Pekanbaru dan Teluk Kuantan, yaitu sekitar 40 Km dari Kota Teluk Kuantan menuju ke arah Pekanbaru.

Pacu Jalur »
Merupakan lomba perahu dayung tradisional di Sungai Kuantan, yang biasanya dilakukan terkait perayaan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan RI, berlangsung dari tanggal 23 s/d 26 Agustus.

Perahu Baganduang »
Merupakan acara tahunan di tepi Pasar Lubuk, Desa Koto Lubuk Jambi, lazimnya pada minggu pertama setelah Hari Raya Idul Fitri atau pada tanggal 8 Syawal.

Tulisan tempat wisata di Kuantan Sengingi lainnya bisa dilihat di sini.



Share on Facebook ~ Tweet ~ Print This! ~ Share via Email