Pos Pemantau Merapi Ngepos Magelang

Pos Pemantau Merapi Ngepos yang berada di Dusun Ngepos, Desa Ngablak, Kecamatan Srumbung, Kabupaten Magelang ini merupkan salah satu dari dua pos pengamatan Gunung Merapi yang ada di Magelang. Pos pemantau satunya lagi berada di Desa Babadan.

Jarak Pos Pemantau Merapi Ngepos ke Puncak Merapi adalah sekitar 12 km, cukup jauh, sehingga pada erupsi Merapi 2010 pos ini tidak terkena dampak letusan.

Pos Pemantau Merapi Ngepos dibangun pemerintah Belanda pada 1935, dan menara pengawas yang tingginya 27 m masih berada dalam keadaan baik, termasuk kentongan yang digunakan sebagai tanda bahaya sebelum digunakannya radio.

Pos Pemantau Merapi Ngepos

Dusun Ngepos, Desa Ngablak, Kecamatan Srumbung, Kabupaten Magelang

Lihat juga Tempat Wisata Magelang

Share on Facebook ~ Tweet ~ Print This! ~ Share via Email


2 Jejak di “Pos Pemantau Merapi Ngepos Magelang

  1. Info tambahan, dibawah Pos Ngepos ada pasar desa / tradisional yang ramainya pada hari pasaran tertentu pada pagi hingga menjelang siang saja. Desa terdekat adalah desa Ngablak yang pernah dibangkitkan untuk menjadi desa wisata. Jarak dari Jalan Raya Jogja-Magelang menuju Ngepos sekitar 7 Km, masuk dari pertigaan lampu merah desa Jumoyo, atau Jalan Srumbung, tapi nama jalannya sendiri sebenarnya adalah Jl. Joyoningrat. Silahkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>