Tugu Pendaratan Batalyon Worang Manado

Diantara monumen dan patung yang tersebar di Kota Manado, Tugu Peringatan Pendaratan Batalyon Worang adalah satu-satunya monumen yang menjadi tengara operasi militer sebuah kesatuan tentara yang saya temui. Tugu Peringatan Pendaratan Batalyon Worang ini berada di Kelurahan Wenang Utara, Kecamatan Wenang, di pusat Kota Manado.

Tugu Peringatan Pendaratan Batalyon Worang
Batalyon Worang merupakan salah satu Batalyon dibawah Markas Besar Angkatan Darat yang sebelumnya bernama Batalyon B pada Brigade 16 TNI AD, dibawah pimpinan Mayor Hein Victor Worang (dengan pangkat terakhir Mayor Jenderal TNI-AD), yang ditugaskan ke Manado untuk mempertahankan keutuhan negara kesatuan RI dari gerakan separatis.

Tugu Peringatan Pendaratan Batalyon Worang
Batalyon Worang terdiri dari 7 kompi, yaitu Kompi Yuus Somba, Utu Lalu, Wim Tenges, Wuisan, Andi Odang, John Ottay, dan Kompi Wim Yoseph (Kompi Markas), dengan Kepala Staf Batalyon Kapten Rory. Pasukan Batalyon Worang berjumlah sekitar 1.100 orang.

Tugu Peringatan Pendaratan Batalyon Worang
Batalyon Worang ditugaskan dalam berbagai operasi militer, diantaranya di daerah Jawa Timur, Jakarta, Makassar, Ambon, dan Manado.

Tugu Peringatan Pendaratan Batalyon Worang
Ketika mendarat di Manado, Komando Belanda/KNIL setempat tidak menghalangi Batalyon Worang untuk menguasai Sulawesi Utara.

Tugu Peringatan Pendaratan Batalyon Worang
Setelah menguasai Manado, Batalyon Worang Batalyon Worang pun dikirim ke Maluku untuk bergabung dalam operasi militer menumpas Republik Maluku Selatan (RMS).

Tugu Peringatan Pendaratan Batalyon Worang
HV Worang lahir di Tontalete pada 12 Maret 1919, dan merupakan putera Minahasa pertama yang menjadi Jenderal TNI AD bintang satu dan bintang dua, yang diperolehnya pada Januari 1965 dan July 1971.

Pada tanggal 2 Maret 1967 Mayjen Hein Victor Worang dilantik menjadi Gubernur Sulawesi Utara berdasarkan SK Presiden No. UP 6/1/28-212 bertanggal 23 Februari 1972. Jabatan Gubernur Sulut ini dijalankannya hingga 21 Juni 1978. HV Worang meninggal dunia pada 1982 dalam usia 63 tahun.

Terkait Tugu Pendaratan Batalyon Worang
Tempat Wisata di Manado, Hotel di Manado, Kuliner di Manado, Peta Wisata Manado

Share on Facebook ~ Tweet ~ Print This! ~ Share via Email


About Aroengbinang

Tinggal di Jakarta, pejalan musiman yang senang pergi ke situs-situs dan tempat bersejarah. Menyukai daratan dan pegunungan ketimbang laut.

4 thoughts on “Tugu Pendaratan Batalyon Worang Manado

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>