Jernihnya Pemandian Cikoromoy Pandeglang

Pemandian Cikoromoy masuk ke dalam target kunjungan setelah menemukan nama ini dalam suatu pencarian di mesin pencari Google saat perjalanan pulang ke Jakarta setelah mengunjungi Karang Bolong. Nama “Ci” merupakan kata yang lazim dipakai di daerah Jawa Barat untuk nama tempat atau sungai, seperti Citarum, Cibaduyut, Ciroyom dan Cihampelas.

Ci dalam bahasa Sunda, tampaknya berarti sungai. Pemandian Cikoromoy adalah suatu kolam pemandian alam tradisional yang terletak di desa Kadu Bungbang, Pandeglang, sekitar 111 km dari Jakarta ke arah barat daya.

Pemandian Cikoromoy
Gambar di atas adalah pemandangan kota Pandeglang dalam perjalanan menuju Pemandian Cikoromoy dengan latar belakang pegunungan yang indah.

Pemandian Cikoromoy adalah tempat pemandian sederhana yang dikelilingi oleh warung lesehan yang menawarkan masakan ikan air tawar bakar atau goreng. Pengunjung membayar tiket masuk Rp.2.000 per orang, dan Rp.5.000 untuk parkir mobil.

Pemandian Cikoromoy
Anak-anak tengah menikmati air alam Pemandian Cikoromoy yang sejernih kristal dingin segar yang berasal dari pegunungan. Kucuran air yang tidak pernah terhenti ini berasal dari pegunungan Pulosari.

Pemandian Cikoromoy
Seorang anak laki-laki tengah melompat ke dalam kolam Pemandian Cikoromoy dengan gaya yang unik.

Pemandian Cikoromoy
Ikan diternakkan dalam kolam dangkal jernih yang berada di bawah dan samping warung, menggunakan aliran air yang mengalir dari dalam kolam Pemandian Cikoromoy.

Pemandian Cikoromoy
Sebuah pemandangan indah yang diambil dari luar pemandian Cikoromoy.

Saat meninggalkan Pemandian Cikoromoy saya berpikir apakah cukup berharga untuk waktu dan jarak yang harus ditempuh untuk perjalanan menuju ke sana. Jawabannya adalah iya. Airnya yang dingin segar dan begitu jernih, serta pemandangan di sekelilingnya yang begitu indah membuatnya layak untuk dikunjungi. Namun Pemandian Cikoromoy masih memerlukan banyak perbaikan di sana-sini jika ingin meninggalkan kesan yang lebih indah bagi para pengunjung.

Pemandian Cikoromoy

Desa Kadubumbang, Kecamatan Cimanuk
Pandeglang, Banten
GPS: -6.3291292, 106.0208023

Tiket masuk Rp. 10.000

Akses
Dari tol Jakarta-Merak, keluar pintu tol Serang Timur, dan belok ke kiri ke Jl. Jakarta. Setelah melewati terminal bus Pakupatan, belok ke kanan pada lampu merah pertama, dan ikuti terus jalanan sampai ke kota Pandeglang. Bertanyalah arah ketika sampai di alun-alun kota pada foto di atas.

Setelah sekitar dua jam perjalanan dari pintu tol, anda akan bertemu dengan pertigaan dengan tanda arah ke Batu Quran, namun tidak ke Cikoromoy. Anda bisa lurus mengikuti arah ke Batu Quran itu atau belok ke kiri dan sekitar 100 meter kemudian belok ke kanan, masuk ke jalan yang hanya bisa muat untuk satu kendaraan. Ikuti jalan ini, dan anda akan sampai ke Pemandian Cikoromoy.

Sebaiknya anda pergi ke sana tidak pada hari libur nasional, karena anda bisa terjebak dalam kemacetan yang cukup panjang ketika menuju atau pergi dari tempat itu.

Terkait Pemandian Cikoromoy
Tempat Wisata di Pandeglang, Peta Wisata Pandeglang

Share on Facebook ~ Tweet ~ Print This! ~ Share via Email


About Aroengbinang

Tinggal di Jakarta, pejalan musiman yang senang pergi ke situs-situs dan tempat bersejarah. Menyukai daratan dan pegunungan ketimbang laut.

22 thoughts on “Jernihnya Pemandian Cikoromoy Pandeglang

  1. w kngen bngt sm kmpung w yg da di ciko
    i love cikoromoy
    s’moga lebih bnyak lgi yg ber kunjung k’cikoromoy city
    aaammmmmmmmmiiiiin

    • Amiin, semoga akses ke Cikoromoy dan penataan kolamnya yang jernih dan sejuk itu bisa lebih baik lagi ya…

  2. Libur lebaran aq n family mo ke pantai cikaromoy sekilas dalam benak ku kaya’y kurang menarik tapi aq akan membuktikannya nanti
    semoga perjalanan ku menyenangkan dan berkesan dan membuatku ketagihan sehingga ingin berlibur kesanan lagi… ammmiiiieeeennnnnnn…..

    • Saran saya, usahakan untuk datang sepagi mungkin agar terhindar dari kemacetan, karena akses jalan yang sempit serta tempat parkir yang agak terbatas. Mandi di air pegunungan asli yang jernih dan sejuk tentu akan merupakan pengalaman yang sangat menyenangkan. Lesehan tradisional di sekeliling kolam juga perlu dicoba.

  3. Pandeglang perlu orang ahli untuk menata tempat wisata disana, yg menjadikan pandeglang lebih indah ..
    bantu yah :)

  4. waw!! teringat masa kecil sewaktu rekreasi ke cikoromoy dgn rombongan sekolahan..hahahaha!!mantap buat admin nya, memberdayakan tempat pariwisata Banten. maju terus gan :)

  5. mohon dikelola lebih profesional dalam artian agar orang tidak kecewa seperti pengalaman saya waktu itu hari hujan, air hujan yg kotor masuk ke kolam, belum lagi air kotor dari kamar mandi yang rumahnya berada diatas kolam tidak tahu larinya kemana,tidak sadarnya pengunjung dengan sampah dibuang dimana saja ( t4 sampah kurang ) dan kebiasaan orang mandi pakai sabun dikolam demikian

    • terima kasih, masukan yang positif untuk pengelola; himbauan untuk dinas pariwisata untuk memberi bimbingan; himbauan juga kepada mahasiswa untuk kkn di tempat2 seperti ini…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>