aroengbinang
pantai burung mandi

Kebun Binatang Ragunan Jakarta

Kebun Binatang Ragunan, yang nama resminya adalah Taman Margasatwa Ragunan, merupakan tempat rekreasi keluarga seluas 147 ha yang berada di daerah Ragunan, Pasar Minggu, Jakarta Selatan. Kebun Binatang Ragunan ini berdiri pada tahun 1864 dan memiliki penghuni lebih dari 3.000 ekor satwa dengan lebih dari 50.000 pohon yang memberi keteduhan bagi pengunjung.

Tempat parkir kendaraan Kebun Binatang Ragunana sangat luas, yang pada hari kerja juga digunakan oleh para pemakai bus TransJakarta karena haltenya berada dalam lingkungan perparkiran Kebun Binatang Ragunan.

Area Kebun Binatang Ragunan yang sangat luas ini sangat baik untuk berwisata sambil berolah raga jalan kaki. Namun Kebun Binatang Ragunan menyediakan juga persewaan sepeda, kereta keliling, dan bendi, bagi pengunjung yang ingin menghemat waktu dan tenaga.

Kebun Binatang Ragunan
Patung sepasang gajah dalam kerimbunan pepohonan kompleks Kebun Binatang Ragunan.

Kebun Binatang Ragunan
Kandang Rusa Totol (Axis axis erxleben di Kebun Binatang Ragunan. Hewan ini berasal dari India sampai Sri Lanka, yang pada mulanya didatangkan ke Istana Bogor oleh Thomas Stanford Raffles, sekitar tahun 1814.

Pada latar belakang adalah kandang Jerapah (Giraffa Camelopardalis Reticulatus) Kebun Binatang Ragunan yang berasal dari daerah Afrika. Binatang yang bisa hidup sampai berusia 25 tahun ini lama kehamilan betinanya adalah sekitar 15 Bulan.

Kebun Binatang Ragunan
Seekor anak Gajah Sumatera (Elephas maximus Sumatranus) di Kebun Binatang Ragunan tengah membunyikan terompet mulutnya setelah puas berkubang dalam air.

Kebun Binatang Ragunan
Anak Gajah Sumatera Kebun Binatang Ragunan yang masih terus bermain-main, laiknya anak-anak.

Kebun Binatang Ragunan
Kandang Elang Bondol (Haliastur indus) Kebun Binatang Ragunan, dengan bulu berwarna coklat kemerahan, sedangkan bulu kepala dan lehernya berwarna putih.

Selain Indonesia, elang ini juga ada di Sri Langka, Asia Tropis, Cina Selatan sampai ke bagian Utara Australia. Makanannya adalah hewan mamalia kecil, juga ikan, katak, ketam, ular, dan kadal.

Meskipun paruh elang tidak bergigi sebagaimana hewan pemangsa lainnya, namun karena bentuknya yang melengkung, tajam dan kuat, maka elang bisa dengan mudah mengoyak tubuh mangsanya untuk ditelan atau diberikan kepada anaknya.

Kebun Binatang
Kandang Gajah Sumatera (Elephas Maximus Sumatranus) Kebun Binatang Ragunan, yang sub-jenisnya ada juga di India, Sri Langka, Thailand, dan Malaysia. Lama kehamilan gajah betina adalah 20-22 bulan, dan berat bayi gajah ketika lahir berkisar antara 50-120 Kg.

Pada hari libur dan hari besar, pengunjung bisa naik gajah di Kebun Binatang Ragunan ini antara pukul 10.00-15.00, dengan membayar Rp. 5.000/orang (3 tahun ke atas). Lokasinya berada dekat pintu barat Kebun Binatang Ragunan.

Kebun Binatang Ragunan
Kandang Komodo (Varanus komodoensis) dengan ukuran yang cukup besar. Komodo Kebun di Kebun Binatang Ragunan ini bisa diam dalam waktu yang lama, sebelum ia bergerak untuk berpindah tempat. Komodo hanya ditemukan di habitat aslinya di Pulau Komodo, Pulau Padar, Pulau Rinca dan Flores Barat.

Makanan Komodo adalah babi hutan, kambing, kerbau, kuda, dan rusa. Komodo betina bisa bertelur sebanyak 20 nutir, yang dieraminya selama 8-10 Bulan. Komodo bisa hidup hampir sama dengan panjang usia manusia, yaitu 50 – 60 tahun.

Kebun Binatang
Pusat Primata Schmutzer Kebun Binatang Ragunan yang merupakan salah satu tempat pelestarian primata terbesar di dunia. Adalah Pauline Antoinette Schmutzer-versteegh yang merintis dibangunnya fasilitas Kebun Binatang Ragunan ini. Pusat Primata Schmutzer Kebun Binatang Ragunan ini buka jam 09.00-16.00, dengan tiket masuk (3 tahun ke atas) RP. 5.000 per orang.

Kebun Binatang Ragunan
Kandang Ungko (Hylobates agilis) Pusat Primata Schmutzer Kebun Binatang Ragunan. Jenis Primata yang telah nyaris punah ini memiliki bulu bermacam-macam mulai dari warna kekuningan hingga warna coklat gelap atau hitam, dengan alis berwarna putih dan tidak memiliki ekor. Ungko adalah binatang monogami dan suaranya yang keras menjadi penanda bagi wilayah kekuasaan mereka.

Kebun Binatang Ragunan
Sebuah kandang primata Pusat Primata Schmutzer Kebun Binatang Ragunan.

Kebun Binatang Ragunan merupakan kebun binatang pertama di Indonesia, yang berdiri pada 1864 dengan nama Planten En Dierentuin atau “Tanaman dan Kebun Binatang.” Semula kebun binatang ini berada di kawasan Cikini, Jakarta Pusat, pemberian Raden Saleh. Tahun 1949, namanya berubah menjadi Kebun Binatang Cikini, dan baru pada tahun 1964 lokasinya pindah ke kawasan Ragunan, Pasar Minggu, Jakarta Selatan, yang diresmikan oleh Gubernur DKI Jakarta Ali Sadikin pada 22 Juni 1966.

Kebun Binatang Ragunan

Ragunan, Pasar Minggu, Jakarta Selatan (lihat Peta Wisata Jakarta, dan Peta Kandang Kebun Binatang Ragunan)
Telp. 021-780 6975, 789 0615.
Fax. 021-780 5280
GPS: -6.306104,106.819792

Jam buka: 09.00 – 18.00
Tiket masuk Rp 4.000 dewasa, Rp 3.000 anak-anak, asuransi Rp.500. Rombongan pelajar / mahasiswa / panti sosial, minimum 30 orang, dikenakan tarif 75%.
Mobil Rp. 5000/hari | Bus/Truk Rp. 10.000/hari | Motor Rp. 2.500/hari | Sepeda Rp. 1.000/hari | Shooting Film Cerita Rp. 1.000.000/hari | Shooting Film Iklan Rp. 1.500.000/hari | Shooting Film Video Dokumenter Rp. 500.000/hari | Shooting Film Video Keluarga Rp. 200.000/hari

Lihat juga:
Akses dan Info Pertunjukan Kebun Binatang Ragunan

Terkait Kebun Binatang Ragunan
Tempat Wisata di Jakarta | Peta Wisata Jakarta | Hotel di Jakarta Selatan.

Lihat foto lainnya di tulisan ini: » 1 2 3




Baca juga:
» Pantai Marunda Jakarta
» Kelenteng Jin De Yuan Jakarta



21 Jejak untuk “Kebun Binatang Ragunan Jakarta”

  1. guntur says:

    BRAVO …..KEBON BINATANG RAGUNAN
    KEREN

  2. arin says:

    hari idul adha buka ga?

  3. indy says:

    gwe kmaren dari sono 25/02/2012 bareng ama team proxis Jakarta

  4. alfei says:

    mei 2012, jadwal buka hari apa aja, bagi infonya ya

  5. SUBIARTI says:

    kalau rombongan ada discon berapa ya?

  6. wilda says:

    ISTIMEWA

  7. sayang setelah PPS diambil alih pemprov pengelolaannya gak seperti jaman Gibbon Foundation. dak gak ada bule2 cakep bergaya tarzan ;)

  8. wi3nd says:

    butuh kaki yang kuat untuk menelusuri areal ini,dan siap pegel pegel :D

    musium primatanya bagus..

    trimakasi ya :)

  9. v_kawai says:

    gimana ya caranya buat bs jd salah satu staf di kebun binatang?

  10. robeth says:

    kalo dari arah cijantung / pasar rebo / kp rambutan, naik apa ya?

  11. frendy says:

    bsok saya mau ke ssana ma tman2′Q sekitar jam 12 siang, msh buka ga yah….????

Tinggalkan Jejakmu