Jembatan Pelengkung Tangerang

Jembatan Pelengkung yang lokasinya berada di Jl. MH Thamrin, Cikokol, Tangerang ini adalah salah satu tengara Kota Tangerang, Banten, yang selain dimaksudkan sebagai JPO (Jembatan Penyeberangan Orang), juga sebagai gerbang masuk dengan salam Ucapan Selamat Datang ke kota Tangerang, baik kepada warga maupun pengunjung serta pendatang.

Jembatan Pelengkung
Lokasi Jembatan Pelengkung yang letaknya tidak jauh dari sebuah swalayan besar ini dibangun pada tahun 1999 dan menghabiskan biaya sebesar 2 miliar rupiah (lihat Peta).

Jembatan Pelengkung
Konstruksi rangka baja Jembatan Pelengkung ini memiliki panjang 65 meter dan lebar 3-5 meter, dengan berat keseluruhan 32 ton. Jembatan Pelengkung yang konon bisa bertahan 50 tahun ini sempat diberitakan roboh beberapa waktu yang lalu, namun berita ini kemudian dibantah oleh kepolisian dan pemda kota Tangerang.

Jembatan Pelengkung
Pembuatanan Jembatan Pelengkung relatif rebih rumit dibandingkan dengan pembuatan jembatan beton biasa, namun karena tekanan dan beban pada jembatan bisa terbagi merata pada kedua sisinya, maka Jembatan Pelengkung bisa dibuat lebih panjang, selain dari segi estetika kelihatan lebih indah ketimbang jembatan biasa.

Jembatan Pelengkung di tanah air yang berukuran besar adalah Jembatan (Pelengkung Baja) Kahayan di Kalimantan Tengah yang panjangnya 150 meter dan Jembatan (Pelengkung Beton) Rempang-Galang di Batam (245m).

Jembatang Pelengkung Tangerang

Jl. MH Thamrin, Cikokol Tangerang (lihat Peta)

Wisata Terdekat Jembatan Pelengkung

Kelenteng Boen Tek Bio (4,2 km) | Situ Gede (4,4 km) | Monumen Palagan Lengkong (11,3 km) | Kelenteng Boen Hay Bio (14,2 km)

Terkait Jembatan Pelengkung
Hotel di Tangerang | Peta Wisata Tangerang | Tempat Wisata di Tangerang

Share on Facebook ~ Tweet ~ Print This! ~ Share via Email