Curug Country Bogor

Tidak begitu mudah untuk menemukan dimana lokasi Curug Country, karena sedikitnya informasi yang tersedia, dan ketika bertanya arah saat menuju lokasi pun banyak yang tidak mengenal nama itu, atau bahkan memberi informasi keliru. Informasi yang tersedia hanyalah bahwa Curug Country berada di Desa Tanjung Rasa, Kecamatan Tanjung Sari, ± 3 km dari Jalan Raya Jonggol Cariu, dan dijuluki sebagai miniatur Air Terjun Niagara.

Menemukan dimana Jalan Raya Jonggol Cariu pun sudah merupakan satu tantangan tersendiri, dan tidak jelas jarak ± 3 km itu diukur dari bagian jalan yang mana. Hanya setelah tersesat beberapa kali dan tak lelah bertanya, sampailah saya ke curug yang disebut sebagai mini Niagara Falls itu (lihat Peta).

Curug Country
Suasana dan jalan menuju Curug Country dari area parkir kendaraan yang diambil dari bawah, dengan undak-undakan yang tertata cukup rapi dan lingkungan yang asri.

Curug CountryCurug Country diambil dari tengah undak-undakan. Meskipun Curug Country ini tingginya hanya beberapa meter saja, namun aliran air pada bebatuan yang bertingkat-tingkat menciptakan pemandangan yang cukup indah dipandang mata.

Gemericik aliran air yang melewati sela-sela batu menciptakan suara ritmik yang membuat pengunjung betah untuk duduk berlama-lama menikmati suasana di Curug Country.

Curug CountryCurug Country yang bertingkat-tingkat. Saat itu hujan baru saja reda, namun air yang mengalir di Curug Country masih tetap terlihat jernih.

Curug Country
Keindahan aliran air yang menuruni bagian atas Curug Country ketika dipotret dengan kecepatan lambat.

Suasana di sekitar Curug Country masih terasa nyaman, dengan rimbun pepohonan, belukar dan rumput yang luas.

Tempat duduk di Curug Country terbuat dari batu yang cukup nyaman sebagai tempat bersantai, jika saja tidak basah oleh air hujan dan sampah dedaunan yang gugur itu dibersihkan.

Pada hari biasa Curug Country ini cukup sepi, dan karenanya tidak terlihat ada penjual makanan dan minuman di sekitar lokasi curug. Saat saya berkunjung ke Curug Country, tidak ada tempat yang disediakan untuk warung makanan dan minuman yang bisa dipakai oleh pengunjung untuk bersantai sambil makan minum sesaat sebelum meninggalkan tempat itu.

Curug Country

Desa Tanjung Rasa, Kec Tanjung Sari Bogor (lihat Peta)

Petunjuk Arah ke Curug Country

• Dari Jakarta atau Bogor keluar pintu tol Cibubur, masuk ke Jl. Trans-Yogie, ambil arah ke Cileungsi.
  • Ambil jalan lurus di perempatan, anda akan melewati Taman Buah Mekarsari di sebelah kanan jalan dan berada di Jl. Cileungsi – Jonggol.
  • Ambil terus jalan utama, sampai anda di pertigaan, Jl. Cibarusah – Cikarang ke kiri dan Jl. Raya Jonggol ke kanan; ambil kanan ke Jl. Raya Jonggol.
  • Ikuti terus Jl. Raya Jonggol sepanjang sekitar 13,6 km, sampai anda di pertigaan: kiri ke Jl. Cariu – Babakan Raden, kanan ke Jl. Cariu – Bantarkuning; ambil kanan ke Jl. Cariu – Bantarkuning.
  • Setelah sekitar 8,6 km dari pertigaan, anda akan menemukan jalan kecil ke arah kanan di GPS: -6.56959, 107.14060. Belok ke kanan, masuk ke jalan ini.
  • Ikuti terus jalan ini sampai anda menemukan percabangan jalan ke kiri, dengan lapangan bola di sebelah kanan, GPS: -6.56359, 107.12111. Ambil jalan ke kiri. Jalanan ini menurun dan kemudian belok ke kiri ketika anda bertemu pertigaan. Ikuti jalan sampai anda menemukan bundaran dan pos jaga di mulut percabangan jalan ke arah kanan.
    Dari Pos Jaga, anda masih beberapa ratus meter lagi untuk sampai ke tempat parkir kendaraan, dengan melewati jalanan yang agak curam dan berliku.