aroengbinang
pantai burung mandi

Curug Country Bogor

Tidak begitu mudah untuk menemukan dimana lokasi Curug Country, karena sedikitnya informasi yang tersedia, dan ketika bertanya arah saat menuju lokasi pun banyak yang tidak mengenal nama itu, atau bahkan memberi informasi keliru. Informasi yang tersedia hanyalah bahwa Curug Country berada di Desa Tanjung Rasa, Kecamatan Tanjung Sari, ± 3 km dari Jalan Raya Jonggol Cariu, dan dijuluki sebagai miniatur Air Terjun Niagara.

Menemukan dimana Jalan Raya Jonggol Cariu pun sudah merupakan satu tantangan tersendiri, dan tidak jelas jarak ± 3 km itu diukur dari bagian jalan yang mana. Hanya setelah tersesat beberapa kali dan tak lelah bertanya, sampailah saya ke curug yang disebut sebagai mini Niagara Falls itu (lihat Peta).

Curug Country
Suasana dan jalan menuju Curug Country dari area parkir kendaraan yang diambil dari bawah, dengan undak-undakan yang tertata cukup rapi dan lingkungan yang asri.

Curug CountryCurug Country diambil dari tengah undak-undakan. Meskipun Curug Country ini tingginya hanya beberapa meter saja, namun aliran air pada bebatuan yang bertingkat-tingkat menciptakan pemandangan yang cukup indah dipandang mata.

Curug Country
Gemericik aliran air yang melewati sela-sela batu menciptakan suara ritmik yang membuat pengunjung betah untuk duduk berlama-lama menikmati suasana di Curug Country.

Curug CountryCurug Country yang bertingkat-tingkat. Saat itu hujan baru saja reda, namun air yang mengalir di Curug Country masih tetap terlihat jernih.

Curug Country
Keindahan aliran air yang menuruni bagian atas Curug Country ketika dipotret dengan kecepatan lambat.

Curug Country
Suasana di sekitar Curug Country masih terasa nyaman, dengan rimbun pepohonan, belukar dan rumput yang luas.

Curug Country
Tempat duduk di Curug Country terbuat dari batu yang cukup nyaman sebagai tempat bersantai, jika saja tidak basah oleh air hujan dan sampah dedaunan yang gugur itu dibersihkan.

Pada hari biasa Curug Country ini cukup sepi, dan karenanya tidak terlihat ada penjual makanan dan minuman di sekitar lokasi curug. Saat saya berkunjung ke Curug Country, tidak ada tempat yang disediakan untuk warung makanan dan minuman yang bisa dipakai oleh pengunjung untuk bersantai sambil makan minum sesaat sebelum meninggalkan tempat itu.

Curug Country

Desa Tanjung Rasa, Kec Tanjung Sari Bogor (lihat Peta)

Petunjuk Arah ke Curug Country

  • Dari Jakarta atau Bogor keluar pintu tol Cibubur, masuk ke Jl. Trans-Yogie, ambil arah ke Cileungsi.
  • Ambil jalan lurus di perempatan, anda akan melewati Taman Buah Mekarsari di sebelah kanan jalan dan berada di Jl. Cileungsi – Jonggol.
  • Ambil terus jalan utama, sampai anda di pertigaan, Jl. Cibarusah – Cikarang ke kiri dan Jl. Raya Jonggol ke kanan; ambil kanan ke Jl. Raya Jonggol.
  • Ikuti terus Jl. Raya Jonggol sepanjang sekitar 13,6 km, sampai anda di pertigaan: kiri ke Jl. Cariu – Babakan Raden, kanan ke Jl. Cariu – Bantarkuning; ambil kanan ke Jl. Cariu – Bantarkuning.
  • Setelah sekitar 8,6 km dari pertigaan, anda akan menemukan jalan kecil ke arah kanan di GPS: -6.56959, 107.14060. Belok ke kanan, masuk ke jalan ini.
  • Ikuti terus jalan ini sampai anda menemukan percabangan jalan ke kiri, dengan lapangan bola di sebelah kanan, GPS: -6.56359, 107.12111. Ambil jalan ke kiri. Jalanan ini menurun dan kemudian belok ke kiri ketika anda bertemu pertigaan. Ikuti jalan sampai anda menemukan bundaran dan pos jaga di mulut percabangan jalan ke arah kanan.
    Dari Pos Jaga, anda masih beberapa ratus meter lagi untuk sampai ke tempat parkir kendaraan, dengan melewati jalanan yang agak curam dan berliku.

Terkait Curug Country
Hotel di Bogor, Tempat Wisata di Bogor





Baca juga:
» Masjid At-Taqwa Cirebon
» Kampung Rusa Depok



20 Jejak untuk “Curug Country Bogor”

  1. chaoxz says:

    very,,,very,,,nice place

  2. zrieant says:

    terimakasih infonya….
    ada camping groundnya ga yaa,,,,???

  3. Braveman says:

    Cocok untuk yang berjiwa petualang sejati, tapi saya sarankan jangan bawa balita, suasananya sunyi, sepi dan senyap. Sepertinya curug ini jarang dikunjungi. Terasa banyak mata yang mengawasi. Silakan coba hai para petualang sejati………..

  4. adventurous girl says:

    jangankan ada penjaganya, pos nya saja sudah mau ambruk . kayaknya udah nggak ada orang yang menjamah tempat itu. rumputnya tinggi tidak terawat, menambah rasa takut.
    tolong !!!!! bagi siapa saja yang membaca tulisan ini , khususnya pengelola… hidupkan kembali curug ini!!!!
    karna tempat ini sangat indah dan berpotensi.

    • aroengbinang says:

      sayang sekali deh, waktu ke sana dulu masih ada yg jaga di pos, meskipun di lokasi curugnya memang sudah terlihat tidak terawat. mudah2an pemda tidak tutup mata terlalu lama…

  5. Wiwik says:

    Kalau kami bawa mobil ke Curug Country apakah sulit/tidak disarankan? (Bila berkenan, mohon jawaban dapat di cc kan ke alamat gmail saya ya). Terima kasih banyak atas infonya.

    • aroengbinang says:

      Tidak terlalu sulit untuk membawa mobil atau motor ke lokasi parkir meski pun harus agak hati-hati karena jalannya sedikit curam.

  6. nda says:

    tanggal 13 okt 2012 saya ke curug country, tp sangat disayangkan sekali pd saat sy kesana air curug nya kering kerontang tdk ada air yang mengalir, yg ada hanya air yg keluar dari saluran pipa, seperti air keluar dari keran. Posisi jalannya air hanya berisi daun2an yang sdh mengering. sangat disayangkan sekali.

    • resapan air di hulunya mungkin sudah menipis, ditambah lagi dengan musim kering; sudah ada perbaikan kah lingkungan sekitar dan aksesnya?

      • nda says:

        Pada waktu saya ke sana sepertinya belum ada perbaikan,untuk jalanan masih lumayan rusak dan keadaan curug penuh dengan sampah. padahal pada saat sy ke sana dikenakan biaya 10 ribu/orang dan biaya parkir 5rbu.
        Tp memang curug country ini sebenarnya bagus sekali u/ dilestarikan.

      • Kalau begitu masih saja bermasalah dengan perawatannya; ini pentingnya orang2 di dinas terkait sering2 berkeliling, blusukan, model jokowi … :D

  7. Aso says:

    wajib turing motor nih ke sini

  8. ferry doank says:

    Bagus bgt..ga sia” ny ampe 5x..cmn abis longsor tp msh bs lwat kok

  9. Noni says:

    Saya baru berkunjung ke sana tanggal 27 Juli 2013. Petunjuk arah dari Bambang sangat membantu dan akurat. Terima kasih. Air terjunnya sangat indah, tapi saat saya berkunjung, lokasi ini betul-betul sepi, tidak ada seorang pun terlihat dari sejak belokan jalan besar sampai lokasi air terjun. Jarak dari pos jaga ke tempat parkir cukup jauh, 2 km-an, dengan jalan menukik curam, rusak, berlubang dan berlumpur. Jika kondisi kendaraan tidak fit, sangat riskan menuruni jalan ini, karena di arah baliknya, saat mendaki, sangat mungkin roda terjebak di lumpur, tanpa ada satu orang pun di sekitar yang bisa dimintai pertolongan. Lingkungan sekitar air terjun sendiri sangat alami, tidak ada fasilitas apapun, betul-betul hanya air deras, dan bebatuan. Jadi, sepertinya Curug ini memang tidak diperuntukkan ataupun dipromosikan sebagai tujuan wisata umum.

Tinggalkan Jejakmu