Curug Cadas Ngampar Bogor

Curug Cadas Ngampar merupakan sebuah air terjun di dalam kawasan Taman Nasional Gunung Halimun Salak, Bogor, yang akses jalannya baru beberapa bulan yang lalu dibuka untuk umum (lihat Peta). Selain Curug Cadas Ngampar, terdapat Curug Putri yang lokasinya berada sedikit ke arah hulu, dan Curug Penganten yang letaknya sedikit terpisah.

Curug Cadas Ngampar
Penanda ke Curug Cadas Ngampar yang dipasang di tepian jalan berbatu yang menyimpang dari jalan utama di kawasan Taman Nasional Gunung Halimun Salak.

Pertigaan ke jalanan berbatu yang menurun ini lokasinya berada di GPS -6.68549,106.68425.

Curug Cadas Ngampar
Jalanan berbatu lebar menurun yang diapit oleh hutan pinus muda, yang ujungnya berbelok ke kiri menuju ke arah Curug Cadas Ngampar. Kami berjalan kaki melewati jalanan berbatu kasar ini, dan perlu sedikit berhati-hati agar tidak tersandung atau terpeleset.

Curug Cadas Ngampar
Ruas jalan setapak yang menuju ke Curug Cadas Ngampar dan Curug Putri. Di tempat dari mana saya memotret ini terdapat simpangan jalan setapak lain yang menuju ke Curug Penganten, yaitu pada GPS -6.68694, 106.68350.

Curug Cadas Ngampar
Aliran sungai di ujung jalanan berbatu menurun yang berada di bagian atas Curug Cadas Ngampar.

Kondisi alam di sekitar Curug Cadas Ngampar ini memang masih sangat alami, dengan sentuhan tangan dan kaki manusia yang masih sangat sedikit. Di sebelah kanan adalah sebagian kecil dari bebatuan cadas berbentuk memanjang yang merupakan bagian sebelah atas dari Curug Cadas Ngampar.

Curug Cadas Ngampar
Arah hulu sungai Curug Cadas Ngampar. Jalanan setapak di sebelah kanan adalah lintasan jalan berbatu menuju ke arah Curug Putri, yang jaraknya cukup dekat.

Curug Cadas Ngampar
Curug Putri berketinggian sekitar 7 m dengan lebar kolam di bawahnya sekitar 5 m. Aliran airnya cukup pelan dan jernih, sehingga mengundang orang untuk mencebur ke dalam kolam curug ini.

Curug Cadas Ngampar
Aliran sungai yang mengalir diantara celah-celah bebatuan gunung menuju ke Curug Cadas Ngampar di bawahnya.

Curug Cadas Ngampar
Bebatuan cadas yang terhampar di sepanjang aliran sungai yang tampaknya digunakan sebagai nama curug yang letaknya berada di ujung bebatuan padas ini. Sayang saya tidak sempat turun ke bawah bebatuan ini untuk memotret Curug Cadas Ngampar.

Curug Cadas Ngampar
Sebuah tandon air sungai Curug Cadas Ngampar yang bisa digunakan untuk mandi berendam, menikmati dingin air pegunungan Halimun Salak.

Curug Cadas Ngampar
Jalan setapak di sebelah kiri tampaknya merupakan akses ke bagian bawah Curug Cadas Ngampar.

Curug Cadas Ngampar
Curug Penganten yang dicapai melalui jalan setapak menurun, tidak begitu jauh dari persimpangan jalan yang menuju ke Curug Cadas Ngampar. Debit air Curug Pengantin ini tidaklah begitu besar, namun cukup tinggi.

Curug Cadas Ngampar
Bilah bambu sebagai pegangan bagi pengunjung yang ingin turun mendekati kolam di dasar Curug Penganten. Tampaknya menyenangkan juga untuk bermain air dan mandi di bawah pancuran yang tidak begitu deras alir airnya ini.

Curug Cadas Ngampar
Pemandangan ke area persawahan dan perladangan dari tebing tinggi yang berada di samping Curug Penganten. Lokasi Curug Pengaten ini berada pada GPS: -6.68736, 106.68279.

Curug Cadas Ngampar, Curug Puteri dan Curug Pengantin merupakan tempat wisata alami sederhana namun cukup menyenangkan yang anda bisa kunjungi ketika anda berada di dalam kawasan Taman Nasional Gunung Halimun Salak, Bogor. Siapkan pakain basah untuk bisa berendam menikmati dingin air pegunungan yang jernih.

Curug Cadas Ngampar

Taman Nasional Gunung Halimun Salak, Kec Pamijahan, Kabupaten Bogor (lihat Peta)

Curug Putri: -6.68708, 106.68440 | Curug Penganten: -6.68736, 106.68279
Petunjuk Jalan

Wisata terdekat Curug Cadas Ngampar
Curug Cihurang (850 m) | Curug Ngumpet (2,2 km)

Terkait Curug Cadas Ngampar
Tempat Wisata di Bogor, Hotel di Bogor

Share on Facebook ~ Tweet ~ Print This! ~ Share via Email


About Aroengbinang

Tinggal di Jakarta, pejalan musiman yang senang pergi ke situs-situs dan tempat bersejarah. Menyukai daratan dan pegunungan ketimbang laut.

14 thoughts on “Curug Cadas Ngampar Bogor

  1. Mau menanyakan, untuk menuju Curug cadas ngampar, harus lewat mana? lewat dari gunung bunder atau dari cibadak? Mohon jawaban, karena ada rencana untuk ke sana. Dan apakah memungkinkan membawa anak2. Terimakasih.

    • Lewat Gunung Bunder. Dari Ciampea, belok di Cikampak, lewat terminal Segog, terus ke pintu masuk ke Taman Nasional Gunung Halimun Salak. Tidak begitu jauh dari gerbang masuk, sebelum Curug Cihurang, lihat tanda di sebelah kanan jalan. Aksesnya tidak begitu berat, anak-anak bisa diajak…

  2. kayaknya waktu ke gn.bunder gak mampir ke sini.. asik juga ya sepertinya.. next time mampir ke sana ah.. hatur nuhun ya kang.. :)

    • Waktu saya kunjungi masih gratis, hanya membayar Rp. 2500 di pos Taman Nasional Gunung Halimun – Salak.

    • rada repot memang, parkir di pinggir jalan besar gak nyaman kali ya, klu motor dibawa turun ke bawah mungkin bisa kalau gak hujan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>