aroengbinang
pantai burung mandi

Batu Qur’an Pandeglang

Batu Qur’an adalah sebuah nama yang tidak sengaja saya temukan di sebuah artikel, dan tidak menduga bahwa jaraknya begitu dekat dengan pemandian Cikoromoy yang terletak di kabupaten Pandeglang, Banten. Adalah hanya karena ingin memuaskan keingintahuan sehingga saya berkunjung ke tempat itu, sementara banyak orang lain tampaknya mengharapkan berkah saat melakukan semacam ritual di sekitar Batu Qur’an itu.

Batu Qur’an adalah sebuah batu yang berada di dasar sebuah kolam jernih di bawah pohon beringin besar yang rindang dengan tulisan berbahasa Arab di permukaannya.

Dari jalan utama, pengunjung harus melewati jalan menurun yang agak sempit dengan jajaran warung di sepanjang tepi kiri kanannya yang menjual makanan, minuman dan buah tangan tradisional.

Tidak terlihat seorang pun yang tengah melalukan ritual di Batu Qur’an saat itu, atau barangkali mereka melakukannya pada tengah malam untuk mendapatkan kesempatan yang lebih baik agar doanya terkabul. Orang cenderung percaya kepada apa yang mereka ingin percayai atau pada sesuatu yang bisa memberi mereka sedikit harapan, terutama pada saat-saat yang sulit.

Batu Qur'an PandeglangBatu Qur’an berada di kolam yang terlihat sangat teduh, bahkan hampir-hampir gelap, karena tertutup rimbun dedaunan pohon beringin yang sangat besar. Kolam Batu Qur’an ini mampu menampung sekitar 50 orang pada saat yang sama, namun mungkin lebih sedikit dari angka itu karena peziarah harus melakukan putaran disekeliling Batu Qur’an sambil melafalkan doa-doanya.

Batu Qur'an Pandeglang
Salah satu batu yang berada di dasar kolam. Batu yang lain berada di sebelah pojok kanan kolam Batu Qur’an.

Batu Qur'an Pandeglang
Pohon beringin Batu Qur’an yang sangat besar yang lazimnya dianggap membawa aura mistis kekuatan supranatural bagi mereka yang mempercayainya.

Batu Qur'an Pandeglang
Pemandangan yang indah ini diambil dari jalanan, beberapa ratus meter setelah meninggalkan Batu Qur’an dalam perjalanan pulang ke arah Jakarta.

Fenomena seperti rituaI Batu Qur’an, dimana orang percaya dan melakukan sesuatu yang terlihat tidak logis atau menyimpang dari ajaran agama yang baku, bisa ditemukan di mana saja. Namun kita tidak bisa begitu saja memberi penilaian, mengecam atau memberi label tanpa mencoba untuk lebih memahami latar belakang, motif dan harapan dari mereka yang mempercayainya dan yang membuat mereka melakukan ritual semacam itu.

Batu Qur’an

Desa Kadubumbang
Kecamatan Cimanuk, Pandeglang
Banten
GPS: -6.3266713, 106.0221326

Terkait Batu Qur’an
Tempat Wisata di Pandeglang, Peta Wisata Pandeglang





Baca juga:
» Jernihnya Pemandian Cikoromoy Pandeglang
» Taman Soekasada Ujung Karangasem



2 Jejak untuk “Batu Qur’an Pandeglang”

  1. Adhietya says:

    Alhamdullilah nyampe juga di batu qur’an

Tinggalkan Jejakmu