Air Panas Tirta Sanita Ciseeng Bogor

Pemandian Air Panas Tirta Sanita Ciseeng adalah nama dan tempat yang terdengar asing sampai beberapa minggu lalu. Tidak pernah terlintas bahwa ada fasilitas sumber air panas cukup baik, berjarak hanya sekitar 40 menit dengan berkendara dari Serpong, Tangerang, sedikit ke luar kota Jakarta.

Lokasi Pemandian Air Panas Tirta Sanita Ciseeng itu berada di desa Ciseeng, kecamatan Parung, Kabupaten Bogor. Sebuah tempat yang tidak begitu jauh dari Kota Jakarta.

Inilah salah satu penyakit rabun dekat, dimana tempat dekat begitu lama tidak terlihat dan sering terabaikan sementara tempat-tempat jauh terlihat jelas dan sering dikejar. Tentu saya tidak sendirian.

air panas tirta sanita ciseeng
Pintu masuk ke dalam lokasi Pemandian Air Panas Tirta Sanita Ciseeng dengan loket karcis berada sebelah kanan. Pengunjung dewasa membayar Rp.5.000 per orang, Rp.6.000 pada akhir minggu, anak hanya dikenakan tiket masuk Rp.3.500.

Meskipun tempat parkir Pemandian Air Panas Tirta Sanita Ciseeng tersedia sangat luas, namun akhir minggu serta hari libur area parkir akan sangat padat dan sedikit sulit untuk mendapatkan tempat jika datang terlalu siang, karena ribuan orang akan berkunjung ke tempat ini.

Setelah melewati deret Palm Raja dan area bermain anak di sebelah kiri, ada beberapa kios sederhana di sebelah dengan yang menawarkankoleksi ikan Cupang (Betta splendens). Ikan-ikan cantik ini memiliki bentang sirip sangat lebar dengan warna-warni sungguh indah. Sejujurnya saya baru melihat dan mengetahui ada ikan semacam itu!

air panas tirta sanita ciseeng
Salah satu bak mandi VIP Pemandian Air Panas Tirta Sanita Ciseeng yang sekali masuk hanya boleh untuk satu orang. Pengunjung Pemandian Air Panas Tirta Sanita Ciseeng dilarang masuk berdua meski suami istri sekalipun.

Setiap pengunjung sebaiknya berendam selama sekitar 20 menit dalam air hangat mengandung belerang yang bisa memperhalus serta menyembuhkan berbagai macam penyakit kulit.

Pengunjung Pemandian Air Panas Tirta Sanita Ciseeng membayar lagi Rp.10.000 per orang untuk berendam dalam bak VIP ini. Setelah selesai berendam mereka akan mendapat sebotol air untuk menyegarkan tenggorokan. Keran air tawar juga ada dalam kamar VIP ini, meskipun sebaiknya tidak dibilas selama beberapa jam untuk mendapatkan hasil lebih baik. Penyakit kulit bisa sembuh, kulit lebih halus, jika berendam secara teratur.

air panas tirta sanita ciseeng
Bukit kapur putih dengan tekstur indah, dimana sumber Pemandian Air Panas Tirta Sanita Ciseeng itu mulai mengalir.

Fasilitas untuk kegiatan outbound juga tersedia di Pemandian Air Panas Tirta Sanita Ciseeng, termasuk flying fox pada ujung lintasan tali panjat, dengan biaya Rp.25.000 per orang. Setiap akhir minggu pengunjung juga terhibur oleh pertunjukan musik langsung, kebanyakan musik dangdut dan pop.

Puncak bukit kapur yang bisa diakses melalui lintasan tangga untuk mendapatkan posisi pandang ke seluruh lokasi Pemandian Air Panas Tirta Sanita Ciseeng layaknya seekor burung, juga bisa menemukan kolam air panas kecil.

Selesai mandi saya berjalan menuju bukit kapur. Beberapa pohon besar dengan daun sangat rindang pada pinggang perbukitan kapur secara efektif melindungi para pengunjung dari panas matahari yang cukup menyengat menjelang tengah hari.

Warung makan sederhana berjejer sekitar pepohonan, dan terdapat pula restoran cukup nyaman di bagian tengah Pemandian Air Panas Tirta Sanita Ciseeng. Pada pinggang bukit juga terdapat aula kecil tempat bermain dan beristirahat bagi anak-anak.

Di belakang area parkir Pemandian Air Panas Tirta Sanita Ciseeng, dengan mendaki bukit, ternyata ada pemandian air panas terbuka dengan ukuran lebih kecil. Tiket masuk lebih murah, dan tanpa ketentuan waktu berendam sebagaimana berlaku di lokasi utama.

air panas tirta sanita ciseeng
Beberapa pengunjung tampak tengah menikmati hangatnya air dan segarnya suasana di sebuah bak terbuka sederhana yang terletak di tengah bukit Pemandian Air Panas Tirta Sanita Ciseeng itu.

Jika anda ingin berlama-lama berendam air panas berbelerang di Pemandian Air Panas Tirta Sanita Ciseeng dengan biaya murah, maka pemandian bak terbuka di perbukitan ini bisa menjadi pilihan, sebelum atau setelah anda berkunjung ke lokasi pemandian air panas yang utama.

Anda bisa juga mencicipi Soto Mie favorit saya di ujung areal parkir Pemandian Air Panas Tirta Sanita Ciseeng. Carilah warung sederhana paling dekat dengan pintu gerbang. Sangat lezat!

Foto Air Panas Tirta Sanita Ciseeng berikutnya: 1.Batuan Kapur 2.Kolam Hijau 3.Lembah Persawahan 4.Cekung Gua 5.Area Parkir 6.Lorong Kamar Rendam 7.Teratai Merah Dadu 8.Lintas Jalan 9.Gunung Es 10.Endapan Kapur 11.Dinding bersisik 12.Tebing Akar 13.Pohon Tua 14.Undakan Perbukitan 15.Hutan Pakuan 16.Mosaik Daun 17.Tengara 18.Hot Spring 19.Ikan Cupang 20.Deret Botol Ikan Cupang 21.Area Bermain 22.Palm Raja

Pemandian Air Panas Tirta Sanita Ciseeng

Desa Ciseeng, Kec Parung
Bogor (lihat Peta)

Untuk ke Pemandian Air Panas Ciseeng Tirta Sanita dari arah Jakarta, gunakan tol Jakarta Outer Ring Road, keluar di pintu tol Serpong. Ikuti jalan sampai pertigaan pertama, belok kanan ke arah Puspitek Serpong. Ikuti jalan sampai ke ujung, belok kiri ke arah Parung. Di pasar Parung terus lurus, sampai bertemu pompa bensin di kiri. Beberapa meter dari pompa bensin akan terlihat papan nama Tirta Sanita di sebelah kiri jalan; masuk mengikuti tanda itu, bayar Rp.2.000 untuk sumbangan RT setempat.

Wisata Terdekat Pemandian Air Panas Tirta Sanita

Kelenteng Hok Tek Bio Ciampea (17,3 km) | Prasasti Tapak Gajah (23,6 km)

Terkait Air Panas Tirta Sanita Ciseeng
Hotel di Bogor, Tempat Wisata di Bogor.

Share on Facebook ~ Tweet ~ Print This! ~ Share via Email


About Aroengbinang

Tinggal di Jakarta, pejalan musiman yang senang pergi ke situs-situs dan tempat bersejarah. Menyukai daratan dan pegunungan ketimbang laut.

39 thoughts on “Air Panas Tirta Sanita Ciseeng Bogor

  1. Marking GPS nya pas pisan di depan lokasi….terus hunting tempat wisatanya…ditunggu liputan area jawa tengah: Bandungan; Rawa Pening ; Pemandian Muncul-Banyubiru & Kopeng-salatiga

  2. sabtu 5 maret, saya istri dan 2 anak saya mencoba kesana, jauhhhh … 52km dari karawaci, sampai anak saya tidur-bangun-tidur, hampir 2 jam perjalanan melewati BSD-parung-ciseeng, jalanan semi off-road dari perempatan prumpung sampai parung
    tengah hari sampai disana, ramai pengunjung
    jujur saya kecewa, karena air di kolam umum (bukan kamar mandi privat) tidak panas dan kelihatan kotor padahal itulah daya tarik utamanya, bayangan saya seperti air panas guci di lereng g. slamet yang benar2 mak nyoshhh …
    yang lebih sayang tekstur bukit kapur -yang mungkin memerlukan puluhan tahun terbentuk- menjadi rusak karena dipanjat pengunjung
    sarana outbond cukup menarik, dengan banyak permainan yang menantang
    ayooo … pengelola dan pemda kab. bogor … dibenahi biar lebih sedapppp …

    • Jika siang memang sudah ramai ya, dan air di kolamnya tidak panas lagi. Paling nikmat memang hari kerja, sepi, dan pagi2 sudah sampai di sana, berendam di kamar mandi, atau naik di puncak bukit yang berada di sebelah kiri.

  3. tahun baru kamren saya berkunjung ke tirta sanita ciseeng bareng keluarga…. awalnya seh semangat banget karena berencana untuk menginap dan bekal sudah dpersiapkan semua, tapi
    setelah sampai sana langsung lemes ngliat keadaannya,,,
    bener banget tuh bayangan tempat seperti di “guci tegal” langsung hilang seketika ….. gimana ga lemes wong airnya kering mau mandi pake apa coba…
    tujuanya utamanya kan emank bwt berendem airpanas
    deuh pokoke kecewa baget deh….
    dan ga akan pernah balik kesitu..
    mending pulang kampung terus mampir dech ke guci

    • …waduuh, sayang sekali ya… smoga pengelolanya dan pihak terkait membaca komentar2 di sini… Mudah2an hanya karena sedang dikuras saja. Kapan2 saya akan mampir untuk cek lagi. Salam….

    • jumat 13 April 2012, saya dan istri mencoba kesana tapi sesudah sampai apa yang kami bayangkan tidak sesuai, dikarenakan tempat mandi VIP baru di bersihkan dan tempat nya juga kurang terjaga dari kesan bersih (Kotor) serta air panas nya yang keluar kecil sekali, jadi saran saya tolong pemerintah kabupaten bogor khusus nya parung diperhatikan objek wisata tirta sanita

    • terima kasih masukannya, sudah beberapa yang memberi komentar senada; untuk mas Iim Ibrahim, boleh tuh diingetin ke pengelolanya agar diperbaiki, kalau masih ada yang dikenal :)

    • Yuk jelajahi nusantara, dan nulis tentang keindahan dan kekurangannya, untuk kemajuan semua…

  4. Mohon informasi, rencana kami akan berkunjung ke sana pada Minggu, 13 Mei 2012…. apakah sudah ada perbaikan pengelolaan, apakah airnya keringgggg

    • Info terakhir dari bung herdy di atas; memang air panasnya kecil karena terbagi ke beberapa tempat, dan fasilitasnya juga memerlukan penyegaran. Jadi standar kita yang perlu disesuaikan… :)
      Jangan lupa makan soto mie di parkiran..

  5. Beberapa bulan yg lalu kami berkunjung ke Tirta Sanita dengan menggunakan motor. Ketika baru sampai di gang depan Tirta Sanita, motor kami diberhentikan paksa oleh warga sekitar. Awalnya ditawari parkir motor, karena kami ragu keamanan parkiran liar tsb, maka kami tolak. Eh malah ujug2 “dipalak” sebesar Rp 2000,- baru kami dibolehkan melanjutkan perjalanan. Sesampainya di parkiran (yg sepertinya resmi) lagi2 kami “dipalak” Rp 5000,- untuk parkir. Tidak hanya itu, ketika kami hendak membeli tiket, masih ada aja calo yg menawarkan tiket (waktu itu kami berdua ditawari Rp 10000), dan kami tolak karena tidak resmi. Setelah membeli tiket (waktu itu Rp 8000/orang), kami sempat kebingungan krn memang tidak sesuai dg ekspektasi kami. Niat awal kami mau berendam air panas jadi hilang ketika kami melihat keadaan sekitar yg (maaf) kurang terawat. Ketika kami pulang, di parkiran motor ada lagi ulah pemalaknya. Dia minta tiket parkir motor kami. Untungnya tiket parkir masih ada n belum dibuang. Ini hanya sekedar sharing pengalaman saja, semoga bermanfaat :)

  6. pengen ksna tp masih ragu! klo mandi di rumah pake air anget ribet mesti masak dlu . ud gitu pas ngeguyur inget pengen ke pemandian aer pansa ciseeng :D

  7. mungkin ini bisa membantu:
    Tirta Sanita Hot Spring – Recreation Center
    Jl. Raya Gunung Kapur – Ciseeng – Bogor Tel. 0251-8542551 Fax. 0251-8542550
    Contact: Syamsudin Hp. 081804929145 bana Hp. 0816919820

    atau

    Kantor Pemasaran
    Pondok Pinang Center Blok B 12-14
    Jl. Ciputat Raya, Jakarta Selatan
    telp. 021-751.5863, 765.0009
    email: tirtasanita-hotspring@yahoo.com

  8. tg 29 des 2012 saya dan keluarga berkunjung kesana, dan ternyata tidak sesuai dgn iklannya, baru sampai sdh mengecewakan dg kondisi parkir mobil, kondisi didalam jg tdk tertata,niat mandi air panas batal total, disana dikedepankan sarana permainan anak anak yang sangat banyak dijumpai ditempat lain, tanpa perlu jalan jauh kesana untuk pengelola saran saya coba studi banding ketempat lain yang sejenislah. thaks

  9. Pengin mandi aer panas,,,pas search Ciseeng ini yg kluar tapi kok bnyk yg kecewa ya,,,, utk 2013 gmn ya keadaannya? Mojon infonya dunkkk

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>